Minggu, 07 Mei 2017

Tell Me Why (Part 13)

"Ngapain lo?", tanya Baim heran begitu mendapati Andra sudah duduk lesehan di teras rumahnya. Andra membuang napas sebal.
"Bagi rokok dong. Punya gue dibuang Ghina tadi di kosan.", Andra  menadahkan tangannya pada Baim.
"Lo bukannya harusnya lagi sama Ghina sekarang? Kata Brietta kalian lagi anniversay-an.Widih yang udah enam tahun barengan mulu kayak anak kembar siam, selamat ya.", celoteh Baim tanpa menghiraukan Andra yang masih menadahkan tangannya minta rokok.
Andra mendengus, "Selamat palalu! Yang ada gue baru ribut sama dia."
Baim terhenyak, "Serius lo? Kenapa lagi sih kalian ini?"
"Im, coba lo yang ada di posisi gue, pasti lo bakal sama keselnya sama gue dah."
"Emangnya ada apaan sih?"
"Intinya Ghina nyepelein gue dan ngerendahin gue sebagai laki-laki yang notabene bakal jadi kepala keluarga yang tugasnya cari nafkah dan biayain hidup keluarga gue nantinya.", Andra menghela napas berat. "Ghina bilang kalo gue belum sanggup soal biaya nikah, dia yang bakal tanggungin dulu. Jelas aja gue kesel abis lah dengernya. Dia pikir gue ngga mampu, apa? Gue mampu, cuma belum cukup aja yang gue punya sekarang. Yang gue perluin adalah sedikit waktu lagi, tapi dia sangat tidak sabaran nunggu gue."
Baim terkikik mendengar cerita Andra. "Eh kunyuk, yang harusnya ngambek tuh Ghina bukan lo. Dia yang udah terlalu lama nungguin lo ngumpulin modal sampe cukup. Wajar lah kalo dia lama-lama gregetan sama lo yang ngga bertindak cepat juga."
"Ya tapi ngga perlu sampe ngomong gitu juga kali, Im. Harga diri gue berasa kayak diinjek-injek tau, ngga? Sumpah kesel banget gue digituin. Dia bilang begitu seolah semuanya begitu gampang buat dijalani, tapi dia kan ngga ada di posisi gue. Dia enak dari keluarga kaya raya, bokapnya pengusaha properti sukses, nyokapnya pegawai di BUMN, mana dia anak satu-satunya yang selalu dimanja sama orangtuanya. Dia bahkan ngga perlu cari-cari kerja buat biayain hidupnya sendiri, cuma modal patungan sama Namira buat bikin kedai dan taraaa, dia jadi manajer secara instan."
"Lo sebenarnya kesal sama kata-kata dia atau lo kesal karena dia terlihat jauh lebih 'mampu' daripada lo makanya lo iri?"
Andra terhenyak.
"Ndra, ngga perlu ngerasa harga diri lo diinjak-injak sama Ghina lah. Ya harusnya lo bersyukur punya pasangan yang bisa membantu lo soal materi nantinya. Toh bukannya menikahi gadis kaya dibolehkan? Coba sana tanya sama Ustad Hanafi."
"Maksud lo bokapnya Rado? Ngga, sungkan gue. Orangtua Rado ngga ada yang demen liat gue main sama anak bontotnya. Mungkin pikirnya gue bakal ngasih pengaruh negatif ke Rado kali."
"Tapi gimana dengan orangtuanya  Ghina? Mereka selalu welcome sama lo dari dulu kan? Bokapnya Ghina tau kalo lo demen ngebir meskipun ngga sering dan ngga sampe mabok. Nyokap Ghina yang kata lo cerewet, suka ngatur lo buat  ini itu, tapi tetep baik sama lo meskipun lo pernah hampir masuk penjara gara-gara berantem sama orang di klub malam. Dan Ghina, dia kurang sabar apa sama lo nyeeettt?"
"Lo kok malah ungkit soal aib gue itu sih ah. Bukannya ngehibur gue, ngebela gue, eh malah.."
"Gue mau belain lo kalo lo bersikap bener, Ndra. Tapi kali ini harusnya lo sadar kalo sabarnya Ghina ada batesnya juga. Udahlah Ndra, buang gengsi lo soal materi itu. Toh mereka ngga ngatain lo matre atau gimana kan, selama ini juga Ghina ngga pernah ngeluarin duit kalo jalan sama lo. Orangtua Ghina pasti tau persis lah gimana usaha lo, tapi ngga salah juga kalo lo nerima sedikit bantuan dari mereka. Itung-itung meringankan beban lo dikit lah, Ndra."
Andra menghela napasnya kembali, "Kenapa kali ini gue ngerasa semua kata-kata lo itu masuk akal ya?"
"Karena emang semuanya  masuk akal, kampret! Lo kapan pinternya sih astaga."
"Gue harus gimana dong sekarang? Yakali ngga lucu banget gue dateng ke acara itu setelah gue ninggalin Ghina gitu aja di jalan tadi."
"Masih gengsi aja lo?"
"Ah!", Andra mendapat ide. "Gimana kalo lo pura-pura nyeret gue ke sana biar seolah gue masih ngambek tapi dipaksa lo buat dateng? Im, bantu gue banget kali ini, oke?"
Baim ternganga mendengar ide aneh Andra yang spontan itu.
"Kadang gue suka ngerasa malu jadi temen lo, sumpah.", tukas Baim sambil geleng-geleng kepala.

to be continued..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar