Senin, 15 September 2014

Davina



Untuk kesekian kalinya mata cewek itu melirik ke arah gue. Tatapannya penuh selidik juga seolah minta gue liatin balik. Dia ngapain sih? Apa karena dia terpana sama kegantengan gue sampai dia ngeliatin gue tanpa kedip gitu? Gue yang lama-lama ngerasa risih diliatin, akhirnya nyoba buat negur dia yang duduk disamping gue tapi beda meja.
Gue berdehem. “Ada apa ya?”, tanya gue. “Lo kayaknya dari tadi ngeliatin gue mulu?”
Cewek itu tersentak kaget. Dia langsung benerin posisi kacamatanya dengan canggung. Matanya ngeliatin gue lagi, kali ini dengan sedikit menunduk.
“A-anu.. mau pinjem penggaris. Boleh?”, dia ngomong terbata-bata. Gue Cuma naikin alis gue. Kenapa malah jadi grogi gitu keliatannya?
“Oh, mau pinjem penggaris. Nih.”, gue pun ngasih penggaris kepunyaan temen sebangku gue yang lagi ke toilet. “Kalo udah pake langsung balikin ya, takut dicari yang punya.”, kata gue ngingetin.
Cewek itu Cuma ngangguk pelan sambil nerima penggaris dari gue. “Makasih ya. A-anu, kalau boleh tau, nama kamu siapa? Kita belom kenalan dari kemaren.”
Gue tercenung. Oh iya, kemaren cewek itu masuk ke kelas gue sebagai murid pindahan dari luar kota. Gue udah tau namanya, tapi kami sama sekali belum kenalan sambil jabat tangan meskipun meja kami sebelahan. Dan baru kali ini kami saling bicara begini.
“Ah, iya. Gue Baim.”, gue ngulurin tangan. Dia malah makin nundukin kepalanya, kayak nggak ada keberanian lagi buat ngeliat gue.
“Da-Davina.”, dengan canggung dia nerima uluran tangan gue, bersalaman. Dan gue ngerasain tangannya yang dingin juga sedikit lembab. Ini cewek kenapa pula? Grogi bener kayaknya ngobrol sama gue.
Jaka, temen sebangku gue pun balik dari toilet dan nangkep tangan gue lagi salaman sama murid pindahan itu.
“Ciyee Baim ciyeee!!”, serunya heboh. “Aseeekkkk Baim punya gebetan baru lageee aseeekkk!!”, Jaka nepuk bahu gue keras sambil ketawa kayak setan. Gue melotot sambil mengepalkan tangan ke arah Jaka.
“Monyet lo! Apaan sih?”, tanya gue geram.
Spontan temen-temen yang tadinya sibuk ngerjain tugas spontan melihat ke arah gue dan secara serempak menyerukan koor ‘Ciye’ yang panjang.
Anjrit! Batin gue jengkel. Gue pun nendang lutut Jaka sampe dia jatuh dan di tertawakan teman-teman sekelas.
“Baim tega banget ih sama gueee!”, jeritnya alay. Gue cuek, dan langsung keluar kelas bebarengan dengan dikumandangkannya bel tanda istirahat.
Tapi pas udah nyampe pintu, entah ada magnet apa yang bikin kepala gue noleh ke arah cewek itu. Dia ternyata juga lagi ngeliatin gue. Buru-buru gue melengos.
*
“Rese lo, Nyet!”, gue nabok pantat Jaka begitu dia dengan usilnya ngambil mie goreng pesanan gue. “Pesen sendiri napa!”
“Eh, Bro, lo lagi deketin itu murid baru?”, tanya Jaka dengan ekspresi ganjennya. Gue menggeleng keras.
“Itu siapa yang bikin rumor sih? Asli garing banget.”, gue ngambil mie goreng gue ditangan Jaka. “Gue tadi cuma kenalan doang sama dia. Dia nanyain nama gue, ya gue jawab.”
“Deketin aja, Bro, dia kayaknya tertarik sama lo. Matanya itu men kalau lagi ngeliatin lo, seolah memancarkan harapan.”
Gue mendengus. “Lo aja sono yang deketin. Gue nggak tertarik. Lagian lo sok tau banget, emang kata siapa dia suka ngeliatin gue?”, tanya gue sambil menyuap mie goreng.
“Oh ya ampun, Baim my Bro yang tampan rupawan ini sungguh tidak peka ya. Sekelas juga pada nyadar kali kalau dari kemaren dia masuk tuh matanya langsung natap lo, Men. Secara dia murid baru yang bisa dibilang cakep, jelas aja jadi pusat perhatian. Vega yang doyan gosip itu tuh yang paling ngamatin tatapan dia ke lo.”
Gue tercengang. “Sampe segitunya? Gila aja.”
“Yah, wajar sih, Vega kan dulu sempat naksir lo, atau mungkin sampe sekarang. Makanya dia bisa dengan sigap menangkap pandangan mencurigakan yang ditujukan buat lo, Bro.”
“Ah, gak tertarik gue.”
Jaka menepuk bahu gue, “Tapi Bro, lo ngakuin kan kalau Davina itu cakep?”
Gue tercenung. Iya sih, kalau diperhatikan memang cewek itu tergolong cantik. Kulit putih, postur yang nggak terlalu kurus, mata kecil, dan rambut hitam panjang berponi. Diliat lagi, kacamatanya itu juga termasuk daya tarik tersendiri buat yang ngeliatnya. Cantik memang, tapi jujur aja gue nggak naruh ketertarikan apapun. Inisiatif buat kenalan pun nggak ada, bahkan gue baru nyadar tadi kalau gue sama dia belum kenalan.
“Iya cakep. Tapi gue nggak tertarik, Jak. Buat lo aja deh.”
“Apanya yang buat gue? Mie-nya? Sini sini, perhatian banget deh lo sumpah, Im!”, Jaka kembali ngambil piring berisi mie goreng dari tangan gue.
“Eh Monyet, rakus bener lo! Pesen sendiri sono, Jak, ah!”
*
Gue nggak ngerti kenapa semenjak hari itu gue jadi sering di ‘ciye’in kalau nggak sengaja ke gap berpapasan sama Davina atau sekedar nanyain PR. Kayaknya semua temen sekelas gue bersekongkol buat nyomblangin gue sama murid pindahan itu. Dan gue tau persis siapa provokator dibalik semua ini. Jaka. Dia emang temen gue yang paling sialan sedunia.
Kayak hari ini, entah gue yang lagi sial atau memang semesta pengen gue satu kelompok sama Davina buat tugas Biologi. Dan sialnya lagi, Jaka juga gabung dikelompok gue.
“Nah, udah sepakat ya kalau yang jadi ketua kelompok kita adalah Baim.”, gue kontan melotot ke arah Jaka.
“Nyet, pake undian kali! Jangan asal main sepakat aja.”, protes gue yang langsung ditampik sama ketiga temen yang lain, kecuali Davina. Cewek itu Cuma diam sambil terus ngelihatin gue. Sekarang gue akhirnya merasa terbiasa diliatin begitu sama dia. Habis mau gimana lagi, mata mata dia, kenapa gue yang ngatur?
“Ngapain pake undian? Toh udah jelas banget pada nunjuk lo yang jadi ketua, Im.”, timpal Nino, si jawara kelas.
“Lo aja deh, No. Lo kan yang paling pinter disini.”, tunjuk gue, dan langsung disambut koor ‘Lo ajaaa’ sama yang lain, kecuali Davina, tetep.
Jaka menengahi, “Gini deh, gue, Nino, sama Sanaf udah sepakat nunjuk lo jadi ketua. Mau apa lo satu lawan tiga?”,
Gue spontan melirik satu-satunya cewek di kelompok kami, Davina.
“Eh, kenapa kalian nggak nunjuk ini murid baru aja?”, gue nunjuk Davina yang langsung pasang wajah shock.
“Lo mau kan jadi ketua kelompok kita?”, tanya gue yang kebetulan duduk tepat berhadapan sama dia. Dia keliatan bingung campur gugup. Temen-temen yang lain kompak ngeliatin ekspresi gugupnya.
“Eh tunggu,”, Jaka membuka mulutnya lagi, “Ciyeee Baim nunjuk Davina ciyeeee. Kali ini sih nunjuk jadi ketua kelompok, besok-besok nunjuk buat jadi pemilik hati. Ciyeee Baiiiimmm!!”, seru Jaka yang diikuti Sanaf dan Nino.
Gue melotot dan langsung nonjok lengan Jaka. “Monyet lo, ah! Lo juga semuanya, jangan pada ikutan rese deh! Gue pindah kelompok juga nih!”
“Baim, jangan!”, seru Davina tiba-tiba. Gue dan ketiga temen lain kompak menoleh ke arah dia.
“Aku mau kok jadi ketuanya. Kamu jangan pindah ya.”, ucap cewek itu dengan nada memohon.
Gue bergeming. Jaka, Sanaf dan Nino pun Cuma bisa saling pandang. Namun Cuma sebentar, telinga gue akhirnya dengar suara koor ‘Ciye’ yang lebih panjang lagi.
*
Gue mimpi apaan semalam ya, kenapa Davina tiba-tiba ngampirin gue di kantin begini? Gue Cuma ngeliatin dia yang membawa kotak makanan dan ngasihin ke gue.
“Buat kamu.”, katanya sambil memasang senyum.
Gue pun menerima kotak makanan itu. “Ah, iya. Makasih.”
“Semoga kamu suka ya.”, katanya lagi sambil balik badan terus pergi. Seisi kantin spontan ber’ciye’ panjang ke arah gue.
Kampret! Batin gue begitu ngeliat ada Jaka duduk di pojokan dengan temen-temen lain.
“Provokator lo!”, seruku pada Jaka. Cowok cungkring itu Cuma ketawa meledek gue.
Gue melirik kotak makanan dari Davina. Penasaran dengan isinya, gue pun buka tutup kotak itu.
“Sandwich?”, gue mengerutan dahi. Aneh banget selera itu cewek, seolah dia lagi ngasih makanan ke anak TK yang susah makan sayur. Bukannya nggak suka sih, tapi memang gue nggak terbiasa makan makanan beginian. Enakan juga makan nasi sama tempe goreng plus sambel terasi.
Tapi gue jadi mikir, apa Davina bener-bener naruh perhatian sama gue? Cuma sama gue? Yang bener aja. Apa yang dia liat dari gue sebenarnya? Ya, gue akuin sih kalau gue emang ganteng dikit, tapi gue bukan tipe cowok yang hangat dan doyan ngobrol. Kalau Jaka bilang sih gue tampangnya doang yang playboy, tapi sikapnya kayak autis. Sialan kan emang dia?
Tunggu, kenapa gue jadi GR begini?
*
Hari-hari gue di sekolahpun jadi beda sejak Davina rajin ngasih bekal makan siang buat gue. Udah beberapa hari ini gue mulai banyak komunikasi sama dia. Jujur aja gue awalnya merasa risih dan aneh berhubung teman-teman pada suka rese kalau ngegap gue lagi sama Davina. Tapi sekarang gue udah mulai terbiasa dengan itu dan nggak ngerasa terganggu lagi. Entah apa yang bikin gue begini, tapi gue sadar banget kalau sikap gue sekarang udah ngga sedingin dulu sama cewek.
“Trauma boleh, Bro, tapi sebentar aja. Mau gimanapun masalalu lo, lo harus tetep maju.”, celetuk Jaka ditengah perjalanan pulang sekolah.
“Gue tau.”, sahut gue cuek sambil tetep mandang keluar jendela.
“Men, lo udah 2 tahun nggak deketin cewek sama sekali lho. Masa lo mau begini terus? Kisah cinta lo pas kelas 1 itu mending lupain aja deh paitnya. Nggak semua cewek seburuk yang lo bayangin.”, Jaka kembali dengan kalimat sok bijaknya.
Dia emang temen gue yang paling sialan tapi juga paling pengertian. Kami berteman dari SMP dan selalu saja dapat kelas yang sama bahkan sampai sekarang. Dia emang orang yang jahil dan usil minta ampun, tapi yang sebenarnya dia adalah cowok yang asik dan setia kawan. Dia paham bener apa permasalahan gue selama ini, dia juga paham dengan segala sikap tak acuh gue. Berkali dia nyaranin gue biar gue nyari cewek lagi, biar dia nggak ngerasa bersalah kalau ninggalin gue buat pacaran. Sesungguhnya gue begitu menghargai usaha dia yang suka nyomblangin gue, tapi jujur aja gue belum bisa menjalaninya. Rasanya ada yang berat dihati gue, ada yang nahan gue biar nggak buka hati. Gue bener-bener susah buat jatuh cinta sekarang.
“Lo nggak ngerasain sih diselingkuhin itu gimana paitnya.”, ucap gue pelan. “Pacaran baru lima bulan aja udah dikhianatin, gimana kalau lima tahun?”
Jaka meringis, “Beruntungnya gue emang nggak pernah ngerasain gimana paitnya diselingkuhin, dan jangan sampai itu kejadian. Tapi men, kalau aja lo mau buka hati lo meski itu sedikit, lo berani ngadepin cewek lagi, lo jadi bakal tau mana yang pantes lo perjuangin, mana yang pantes lo tinggalin. Jessica itu contoh yang pantes lo tinggalin, men. Dan yang mungkin pantes buat lo perjuangin...”, Jaka melirik ke arah gue dengan tatapan nakal. “Gimana kalau lo nyoba deketin Davina?”
Gue tercengang. “Kenapa mesti dia, sih?”
“Ayolah, Im. Ketauan banget kalau dia naksir lo dan ngarepin lo. Tapi selama ini lo cuek aja sama dia, padahal dia jelas-jelas Cuma naruh perhatian sama lo doang. Inget kan pas tugas Biologi, dia nempelin lo mulu padahal dia tau kalau lo bego di Biologi. Kalau dia nggak tertarik sama lo, dia pastinya nempelin Nino, bukan sama lo.”
Gue menoyor kepala Jaka. “Sialan! Lo juga nggak pinter-pinter amat kan?”
“Eh, sembarangan lo noyor-noyor kepala orang. Ini kalau gue nggak sigap terus mobilnya oleng gimana?”, protes Jaka kesal.
“Makanya lo jangan rese!”
“Udahlah, Im. Lo coba aja nanggepin perhatiannya Davina. Ajak pulang bareng kek, sering-sering ajak ngobrol kek, minta nomor henponnya sekalian. Buka itu hati lo, Men. Apa lo mau jadi perjaka tua?”
Tangan gue bersiap noyor kepala Jaka lagi, tapi dia udah ngeliat gue duluan dengan tatapan ‘Awas lo!’. Gue nurunin tangan.
“Tau ah, Nyet. Liat aja besok.”
“Eh, kalaupun akhirnya lo nggak sama dia, seenggaknya lo udah nyoba buka hati lo lagi. Beneran deh, Bro, gue pengen banget liat lo jalan lagi sama cewek.”, Jaka menepuk bahu gue. Gue Cuma senyum tipis.
Ya, sekampret-kampretnya dia, dia nggak akan mungkin tega ngeliat temennya sendiri menderita.
*
Satu kotak makanan udah tergeletak diatas meja gue. Davina, pasti itu dari dia. Tapi kok aneh, kenapa nggak ada tas dia di mejanya?
“Davina absen, Im. Tuh ada titipan dari dia. Tadi pagi gue nyamperin kerumahnya buat berangkat bareng, eh kata Nyokapnya dia lagi demam, tapi dia nyempetin bikin ini buat lo. Gila ya, baik bener dia sama lo. Kalau gue sih ogah, lo aja cuek, dingin gitu sikapnya. Dia kok niat bener ya?”, celoteh Yeni, teman sebangku Davina ke gue.
“Lo ngomong cepet bener? Nggak takut itu lidah kegigit?”, tanya gue ngeledek. Yeni pun melengos pergi keluar kelas.
Gue mandang kotak bekal makanan itu. Davina nyempetin bikin ini buat gue meski lagi demam? Gue terharu.
“Sandwich lagi, Bro? Atau risol goreng?”, Jaka muncul dan langsung nggratil membuka kotak makanan itu. “Wah, roti bakar selai kacang!!”
“Dia sakit, Jak. Hari ini dia absen.”, kata gue.
“Nah, ambil kesempatan ini buat nunjukin perhatian lo, Im. Nanti sepulang sekolah lo jenguk aja dia, bawain dia buah sama bunga. Dia pasti suka tuh!”
“Rumahnya dimana?”
“Yaelah, tinggal tanya aja sama si Yeni.”
“Gue harus bawain bunga apaan?”
“Bunga kamboja.”
Gue tercengang. “Gila lo, itu kan bunga buat orang mati!”
Jaka terkekeh, “Lagian lo polos banget. Kasih aja mawar kek atau anggrek.”
Gue ngangguk. “Buahnya?”
“Buah dada lo aja tuh!”
“Najis lo!”, gue menoyor kepala Jaka.
*
Gue berhenti di depan sebuah rumah di sebuah komplek perumahan elit dengan secarik kertas ditangan. Gue naikin kaca helm gue. Jadi ini rumahnya? Gedong juga ya?
Gue pun turun dari motor dan menekan bel. Tak lama ada seorang ibu-ibu datang, mungkin dia pembantunya.
“Cari siapa, Mas?”, tanya ibu-ibu itu.
“Saya temen sekelasnya Davina, mau jenguk dia, katanya lagi sakit ya?”. Ibu-ibu itu mengangguk.
“Ooh, temennya Neng Davina. Monggo masuk, Mas. Neng Davinanya lagi duduk-duduk di taman belakang.
Ibu-ibu itu pun membuka gerbang dan menyilakan gue masuk. Dia nanya apa gue langsung nemuin Davina ke taman belakang atau nunggu di ruang tamu. Gue milih buat langsung nyamperin dia aja.
Dan begitu sampai di taman belakang yang luasnya kayak kebon raya itu, gue menemukan Davina yang tengah duduk berselimut sambil membaca buku.
“Baca apaan, Neng?”, sapa gue. Davina menoleh dan langsung terkejut melihat gue berdiri dibelakang dia. Saking terkejutnya dia sampai menjatuhkan buku yang lagi dia pegang. Dan inilah dia, si Davina dengan gaya gugupnya yang khas; sok benerin kacamata, garuk-garuk kepala, ngeliatin gue, nunduk, terus ngeliatin lagi sambil nunduk.
Gue tersenyum tipis. “Kalau sakit harusnya nggak usah maksain diri buat bikinin gue bekal makanan. Gue jadi nggak enak, tau.”
Terlihat Davina tersenyum malu. “Nggak apa-apa kok. Aku suka ngelakuinnya.”
Gue pun duduk disebelahnya. “By the way, makasih banget ya. Gue hargai banget kepedulian lo sama gue.”
Davina mengangguk. Kali ini dia berani mengangkat kepalanya lagi. “Kamu suka nggak masakan aku?”
“Suka.”
“Paling enak yang mana? Yang jadi favorit kamu apa?”
“Risol gorengnya enak tuh.”
“Jadi itu?”
“Iya”
“Kalau gitu aku bikinin ya buat kamu, tiap hari.”
Gue tercengang. “Eh, nggak usah lah. Ngerepotin. Sesekali aja gak masalah, tapi jangan tiap hari juga.”
Davina memanyunkan bibirnya. “Kamu bosen ya aku bikinin bekal?”
“Bukan gitu. Tapi gue jadi ngerasa nggak enak sama lo.”, Gue teringat sama bunga dan buah yang gue beli di jalan tadi.
“Oh iya ini gue bawain lo buah. Gue nggak tau lo suka apaan, tapi kalau yang umum buat jenguk orang sakit katanya sih jeruk sama apel ya?”, gue pun ngasih kantong berisi buah pada Davina.
Ekspresinya berubah. Dia keliatan kaget juga seneng.
“Makasih ya, aku suka banget jeruk loh.”, katanya girang.
“Syukurlah kalau lo suka. Dan ini ada satu lagi..”, gue ngeluarin setangkai mawar dibalik jaket gue. “Buat lo.”
Davina menutup mulutnya begitu gue kasih mawar satu tangkai itu. Kayaknya dia terkesima dengan perlakuan gue hari ini. Ya, jujur aja gue juga takjub sama diri gue sendiri. Apa ada yang salah sama gue ya?
Gue menggaruk dahi gue. “Eeeng, lo suka nggak?”
“Kamu kenapa, Im?”, tanya Davina tiba-tiba. Matanya berkaca-kaca ngeliatin gue.
“Ke-kenapa? Ya nggak kenapa-napa, emangnya kenapa?”, gue malah jadi bingung. Tatapan Davina kali ini ke gue beda banget. Sebelumnya dia nggak berani natap gue lama-lama, atau dia nunduk tiap ngobrol sama gue. Tapi sekarang ini dia ngeliatin gue begitu berani, gue aja sampe gugup diliatin begitu.
“Kenapa kamu jadi berubah sikap ke aku? Kenapa kamu jadi perhatian?”
Gue tercengang. Tunggu, apaan nih? Apa dia nggak nyaman gue perlakuin begini?
“Lho, apa yang salah? Emang lo suka kalau gue cuekin terus?”, tanya gue balik.
Davina menggeleng. “Bukan gitu. Aku Cuma takut aku jadi salah paham sama sikap kamu.”
“Salah paham?”, alis gue keangkat. “Maksudnya salah paham dalam hal apa?”
“Aku Cuma takut kamu ngasih harapan palsu buat aku. Aku takut kamu Cuma kasian sama aku.”
“Harapan palsu?”
“Aku suka sama kamu, Baim.”, ungkap Davina to the point. Gue tersentak kaget luar biasa.
“A-apa?”
“Selama ini kamu nggak nyadarin itu?”
Gue bingung mau merespon gimana. Sumpah gue kaget dengan pengakuan mendadak ini, gue merasa nggak siap. Iya sih awalnya gue emang berniat buka hati buat dia, tapi yang gue nggak sangka dia berani nekat begini, dan secepat ini.
Dibalik sikap kikuknya, ternyata agresif juga dia ya?
“Kamu nggak punya perasaan yang sama ya, Im?”, tanya Davina. Kali ini gue ngerasain tangannya menggenggam tangan gue. Terasa hangat, Men. Jelas aja hangat, dia kan lagi demam.
“B-bukannya gue nggak punya, tapi gue belum punya. Tapi mungkin, suatu saat nanti gue punya.”, jawab gue dengan sedikit canggung.
Davina mengangguk. “Jaka udah cerita tentang masalalu kamu. Aku jadi tau kenapa selama ini kamu dingin sama cewek-cewek.”
Gue tercengang. “Si Monyet itu cerita ke lo?!”
“Iya. Itupun aku yang maksa buat cerita kok. Kamu jangan marah sama dia ya.”
Kampret tuh bocah! Kenapa aib gue dia bongkar-bongkar gini?
“Gini, Davina. Gue emang punya cerita pahit di masalalu yang bikin gue trauma. Dan sekarang ini gue lagi berusaha buat nyembuhinnya, gue mau kembali buka hati gue.”
“Jadi?”
“Jadi gue mau buka hati buat lo.”
Davina tersenyum lebar. Wajahnya begitu berbinar seolah dia baru aja dapat lotere. spontan dia meluk gue. Gue tersentak.
“D-dav..”
“Makasih ya, Baim. Makasih buat kesempatannya.”, ucapnya sambil terus meluk erat gue. Gue rasain badannya yang hangat, dan entah ada magnet apa yang bikin tangan gue balas meluk dia.
“Aku sebenarnya orangnya agresif lho, Im.”, aku Davina.
“Iya, gue udah ngerasain gimana agresifnya lo sekarang.”
“Aku selama ini Cuma akting sok jadi pemalu aja di depan kamu. Niatnya sih buat narik perhatian kamu.”
“Nah, ketauan sekarang.”
“Hehehe.”, Davina terkekeh sambil terus meluk gue.

Sekali lagi, entah kenapa gue merasa ada magnet yang bikin gue pengen terus ada di deket dia. Ya, mungkin sekarang gue udah bener-bener bisa buka hati gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar